Reboan

RUSH! Membangun Fondasi Kesuksesan: Rencana Bisnis Satu Halaman untuk UMKM di Dunia Fashion

Menyusun rencana bisnis atau usaha, untuk pertama kali bisa terasa menakutkan bagi beberapa pebisnis. Tidak terkecuali bagi para pemilik usaha kecil dan menengah (UMKM) di industri fashion. Meskipun panjang rencana bisnis bisa menjadi perdebatan, banyak yang setuju bahwa memulai dengan rencana usaha satu halaman (RUSH) dapat menjadi langkah yang tepat. …
Kamisharing

Dua Cara Meningkatkan Profit di Tahun Baru

“Mas, udah masuk tahun baru nih. Ada saran untuk meningkatkan profit di tahun baru ini? Nah, saya suka nih dengan pertanyaan nggak pake ba-bi-bu dari rekan tumbuh. Ya iyalah, lihat saja kalimat diatas; nggak ada ba-bi-bu nya!!! Jadi ceritanya memang salah satu rekan tumbuh saya ini sudah lolos fase 1 …
Reboan

Daya Tahan, Bekal Menatap Tahun Baru

Tahun baru menjelang, periode kerja baru semakin dekat untuk dimulai. Lantas, bagaimana kita menghadapi periode mendatang yang seperti lazimnya hari esok, selalu menjanjikan ketidakpastian. Yang bisa kita lakukan adalah belajar. Belajar dari masa sebelumnya dan menjadikannya sebagai bahan bakar menghadapi ketidakpastian yang akan dilalui di masa depan. Termasuk juga menghadapi …
Kamisharing

Alat Ukur untuk UMKM – KPI atau OKR?

“Mas, apa bedanya KPI dengan OKR sih?” mendadak pertanyaan itu mendarat, padahal saya lagi baca soal heboh SGIE. Mana lagi lapar banget, makanya langsung aja saya jawab; “Itu spelling-nya pake gaya capres apa gaya cawapres?!” Dan, akhirnya kita diskusi lebih lanjut perihal alat ukur usaha/bisnis yang satu ini – apa …
Reboan

7 Panduan Otomasi Pemasaran untuk UMKM FnB

Bagaimana sih bisnis F&B saya bisa naik kelas? Salah satunya dengan otomasi pemasaran yang dapat diterapkan di bisnis UMKM F&B Anda. Simak lengkapnya dalam tulisan kali ini. Beberapa rekan tumbuh menanyakan soal scale-up; seringkali saya jawab bahwa coba cek dulu, apakah memang sudah saatnya scale-up? Buat saya, bisnis juga ada …
Kamisharing

Cerita Pitching

“Mas, kita ketemu calon investor nih. Dampingin buat pitching ya.” Sebuah pesan masuk dari #rekantumbuh nun jauh di sana. Saya senang, setiap kali ada kabar semacam ini. Bagi saya, artinya ada kesempatan yang terbuka. Saya meyakini bahwa kesempatan itu tidak datang dengan sendirinya melainkan diburu oleh rekan-rekan saya. “Oke Mas, …
Reboan

Berapa Nilai Perusahaanmu?

“Mas, jadi berapa nilai perusahaan saya sekarang?” Ini pertanyaan yang seringkali mendarat kepada saya. Beberapa kemudian saya jawab singkat; “Tergantung berapa Anda menghargai ide dan perjalanan panjang anda mewujudkannya sampai dengan detik ini?”. Dua Aliran dalam Menghitung Nilai Perusahaan Sependek yang saya pelajari, ada dua aliran yang pernah mengemuka menjadi …
Kamisharing

N untuk Nyali

Post kali ini bukan tentang nyali mengajak berkelahi ataupun bertengkar. Namun, ini cerita tentang pemimpin. Apa yang membuat seseorang menjadi pemimpin dan bagaimana kita belajar dalam setiap pekerjaan kita, apapun kerjanya. Gemetar rasanya waktu saya harus menghadap pimpinan saat itu. Setelah berulang kali saya cek dan cek ulang sebuah laporan …
Reboan

Peluang Baru Kewirausahaan

Kewirausahaan tidak hanya mengacu pada ide-ide baru tetapi juga pada tindakan nyata yang membuka pintu gerbang bagi peluang baru kewirausahaan. Hal ini dapat berupa produk inovatif, ekspansi ke pasar yang belum dieksplorasi, atau bahkan pembentukan organisasi baru. Bagaimana seorang pengusaha memahami dan menjalankan strategi kewirausahaannya dapat menentukan kesuksesan dari peluang …
Kamisharing

Pertaruhan Sumber Daya Manusia

“Menurut kamu, apa challenge berikutnya?” tanya beliau kali ini. Seperti biasanya, perbincangan berdua dengan para mentor selalu saya manfaatkan untuk belajar. Sebisa mungkin mendengar, bertanya hanya jika terdesak, bicara hanya jika diminta. Kali ini rupanya benar-benar saya ditanya oleh beliau, perihal usaha yang kita kelola bersama. Lebih tepatnya, saya sekadar …