Kategori: Reboan
Sebenarnya, tulisan tentang strategi hero marketing ini sudah dikupas dikit di tulisan sebelumnya, tentang Storytelling ala Steve Jobs. Kali ini, akan dibahas lebih tuntas, apa sebenarnya strategi hero marketing itu? Bayangkan Anda sedang menonton sebuah film, kira-kira ingin jadi apa Anda jika masuk ke dalam cerita di film itu? Mostly, …
Storytelling atau bercerita adalah alat yang sangat kuat dalam bisnis. Dengan storytelling, kita bisa menarik perhatian audiens, menyampaikan ide-ide kompleks, dan membangun koneksi emosional. Steve Jobs, pendiri Apple, adalah seorang master dalam hal ini. Setelah belajar tentang storytelling di Pixar, Jobs menerapkan prinsip-prinsip tersebut di Apple, yang membuat presentasi produk …
Mencari pendanaan melalui merger dan akuisisi (M&A) dapat menjadi strategi yang efektif bagi UMKM untuk meningkatkan modal, memperluas jangkauan pasar, dan mencapai pertumbuhan yang lebih pesat. Namun, salah satu aspek penting dalam proses M&A adalah menentukan valuasi UMKM secara akurat. Valuasi ini akan menjadi dasar bagi investor dalam menentukan nilai …
Zappos adalah sebuah perusahaan online yang menjual sepatu dan fashion yang berbasis di Las Vegas. Perjalanan perusahaan ini pun menarik untuk dikulik dan jadi pembelajaran untuk UMKM Indonesia. Yuk, kita belajar pentingnya perencanaan keuangan dari Zappos serta belajar tentang bisnis untuk membantu UMKM Indonesia berkembang. Sekilas Tentang Perjalanan Zappos Sebelum …
Artikel Reboan kali ini membahas 10 pelajaran dari Elite Entrepreneurs yang akan membuka pintu sukses UMKM Indonesia. Dalam perjalanan mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), kita dapat menarik inspirasi dari para pengusaha sukses yang telah membuktikan keberhasilan mereka. Buku “The Entrepreneur Mind: 100 Essential Beliefs, Characteristics, and Habits of …
Bisnis bengkel mobil dalam lingkup UMKM seringkali dihadapkan pada tantangan menentukan harga yang tepat. Penentuan harga yang efektif bukan hanya tentang menetapkan angka yang bersaing, tetapi juga melibatkan pemahaman akan biaya operasional, posisi di pasaran, dan kebutuhan pelanggan. Artikel ini akan membahas beberapa prinsip dasar, alat bantu yang dapat digunakan, …
Reboan kali ini akan membahas tentang fase berikutnya dalam berwirausaha. Sebagai pelaku UMKM, sudah pantas jika Anda merasa harus menuju fase selanjutnya dalam mengembangkan bisnis, yaitu melalui merger dan akuisisi UMKM. Merger dan akuisisi ini memiliki manfaat untuk bisnis Anda. Apa saja itu? Sekurang-kurangnya dalam perjalanan 7 (tujuh) tahun mendampingi …
Mengakhiri Babak Catat Uang: Pentingnya Tutup Buku untuk UMKM Pada akhir sebuah perjalanan, setiap pelaku usaha, terutama mereka yang bergerak di ranah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), memiliki langkah krusial yang tak boleh disepelekan: tutup buku keuangan. Ini bukanlah semata-mata mengakhiri suatu ritme pencatatan angka, tetapi lebih dari itu, …
Di dunia UMKM yang dinamis, perencanaan keuangan usaha yang efektif adalah landasan bagi pertumbuhan dan ketahanan yang berkelanjutan. Baik Anda seorang pengusaha pemula atau pemilik bisnis berpengalaman, memahami dan menerapkan rencana keuangan yang kuat dapat membuat perbedaan besar dalam mengelola sumber daya dengan efisien. 7 Elemen Penting dalam Perencanaan Keuangan …
Artikel kali ini membahas tentang salah satu masalah terbesar pelaku UMKM, yaitu malas tapi ingin sukses. Bahasnya gimana? Bahasannya melalui kutipan inspiratif untuk UMKM yang nanti dijelaskan lebih detail seperti apa untuk pelaku UMKM Indonesia. *** “Mas, kalo malas tapi pengen sukses gimana tips-nya ya? “Eh, gimana-gimana? Bisa tolong diulang …