Berbicara tentang membangun organisasi yang sukses untuk UMKM adalah sesuatu hal krusial, namun apa saja yang merupakan kunci dalam membangun dan mengembangkan organisasi ini? Dalam sebuah agenda rutin di salah satu unit usaha rekan tumbuh, terkadang muncul pertanyaan dari peserta forum yang terlihat sederhana tapi begitu ditelusur-jawab menjadi point yang …
Neil Blumenthal telah membuktikan bahwa mengembangkan rencana pemasaran yang efektif adalah salah satu area pengambilan keputusan terpenting bagi seorang pengusaha. Meskipun memiliki produk atau layanan yang unik, konsumen biasanya memiliki banyak pilihan, sehingga seorang pengusaha harus menempatkan bisnisnya dengan strategi pemasaran yang unik. Sekilas Tentang Warby Parker Besutan Neal Blumenthal …
Menyusun rencana bisnis atau usaha, untuk pertama kali bisa terasa menakutkan bagi beberapa pebisnis. Tidak terkecuali bagi para pemilik usaha kecil dan menengah (UMKM) di industri fashion. Meskipun panjang rencana bisnis bisa menjadi perdebatan, banyak yang setuju bahwa memulai dengan rencana usaha satu halaman (RUSH) dapat menjadi langkah yang tepat. …
“Mas, udah masuk tahun baru nih. Ada saran untuk meningkatkan profit di tahun baru ini? Nah, saya suka nih dengan pertanyaan nggak pake ba-bi-bu dari rekan tumbuh. Ya iyalah, lihat saja kalimat diatas; nggak ada ba-bi-bu nya!!! Jadi ceritanya memang salah satu rekan tumbuh saya ini sudah lolos fase 1 …
Tahun baru menjelang, periode kerja baru semakin dekat untuk dimulai. Lantas, bagaimana kita menghadapi periode mendatang yang seperti lazimnya hari esok, selalu menjanjikan ketidakpastian. Yang bisa kita lakukan adalah belajar. Belajar dari masa sebelumnya dan menjadikannya sebagai bahan bakar menghadapi ketidakpastian yang akan dilalui di masa depan. Termasuk juga menghadapi …
“Mas, apa bedanya KPI dengan OKR sih?” mendadak pertanyaan itu mendarat, padahal saya lagi baca soal heboh SGIE. Mana lagi lapar banget, makanya langsung aja saya jawab; “Itu spelling-nya pake gaya capres apa gaya cawapres?!” Dan, akhirnya kita diskusi lebih lanjut perihal alat ukur usaha/bisnis yang satu ini – apa …
Bagaimana sih bisnis F&B saya bisa naik kelas? Salah satunya dengan otomasi pemasaran yang dapat diterapkan di bisnis UMKM F&B Anda. Simak lengkapnya dalam tulisan kali ini. Beberapa rekan tumbuh menanyakan soal scale-up; seringkali saya jawab bahwa coba cek dulu, apakah memang sudah saatnya scale-up? Buat saya, bisnis juga ada …
“Mas, kita ketemu calon investor nih. Dampingin buat pitching ya.” Sebuah pesan masuk dari #rekantumbuh nun jauh di sana. Saya senang, setiap kali ada kabar semacam ini. Bagi saya, artinya ada kesempatan yang terbuka. Saya meyakini bahwa kesempatan itu tidak datang dengan sendirinya melainkan diburu oleh rekan-rekan saya. “Oke Mas, …
“Mas, jadi berapa nilai perusahaan saya sekarang?” Ini pertanyaan yang seringkali mendarat kepada saya. Beberapa kemudian saya jawab singkat; “Tergantung berapa Anda menghargai ide dan perjalanan panjang anda mewujudkannya sampai dengan detik ini?”. Dua Aliran dalam Menghitung Nilai Perusahaan Sependek yang saya pelajari, ada dua aliran yang pernah mengemuka menjadi …
Post kali ini bukan tentang nyali mengajak berkelahi ataupun bertengkar. Namun, ini cerita tentang pemimpin. Apa yang membuat seseorang menjadi pemimpin dan bagaimana kita belajar dalam setiap pekerjaan kita, apapun kerjanya. Gemetar rasanya waktu saya harus menghadap pimpinan saat itu. Setelah berulang kali saya cek dan cek ulang sebuah laporan …