Kategori: Kamisharing

Kamisharing

KamiSharing: Dari 22 Ribu Menjadi…

Waktunya KamiSharing kembali. Kali ini akan sharing tentang membangun hubungan yang kuat – networking yang tidak hanya sekadar memiliki jaringan namun juga koneksi yang dalam. Hubungan dalam bisnis yang memang tidak sebatas bisnis saja. “Jangan pernah remehin siapapun Mas, kita tidak pernah tau apapun yang akan terjadi sedetik ke depan, …
Kamisharing

Tarif dan Etos Kerja

KamiSharing kali ini masih seputaran bisnis bengkel mobil juga… pengalaman yang baru aja terjadi minggu lalu. Pengalaman ini membuat terpikir tentang tarif dan etos kerja – mana yang harus diutamakan pelaku bisnis? Ceritanya beberapa pekan yang lalu gerobak saya kena mogok di area ibu kota negara. Nah, karena sudah terbiasa …
Kamisharing

Irit Pangkal Sukses – Sebuah Kunci Berkomunikasi

Dalam perjalanan yang belum seberapa lama sebagai full time entrepreneur, sangat banyak pelajaran dari berbagai aspek dalam menjalaninya. Salah satunya yang ingin saya abadikan dalam tulisan ini adalah tentang bagaimana berkomunikasi dalam bisnis. Lebih tepatnya, tentang bagaimana sebaiknya membawa diri dalam pergaulan bisnis. Seorang mentor pernah mengingatkan saya; “Jadilah sebisa …
Kamisharing

Ayam dan Ular – Anda Tipe yang Mana Nih?

KamiSharing kali ini bicara tentang Ular dan Ayam – bukan… bukan tentang dua hewan itu tapi itu adalah analogi. Analogi yang didapat dari pembelajaran tentang bisnis dari mentor. Yep… sebenarnya ini tentang dua tipe rezeki pengusaha. Beberapa tahun ke belakang, semenjak jadi full-time entrepreneur, saya sangat beruntung dibersamai oleh orang …
Kamisharing

Belajar dari Sara Blakely – Founder Spanx

Sara Blakely adalah salah satu wirausahawan yang sukses besar dengan mengubah perusahaannya, Spanx Shapewear, menjadi perusahaan dengan nilai lebih dari $1 miliar. Prestasi ini dicapainya dengan pengetahuan bisnis dan desain pakaian wanita yang minim atau bahkan tidak ada sama sekali. Bagaimana sebenarnya perjalanan Sara Blakely hingga berhasil membuat perusahaan sebesar …
Kamisharing

Cerita Tentang Kayak

Kata orang dulu, belajarnya sampai ke negeri seberang. Kini, kita bisa belajar bisnis dari usaha yang sudah ada dan berhasil. Seperti dari bisnis yang dibuat oleh Steve Hafter – Kayak ini. Kita dapat belajar usaha dan menerapkannya di bisnis UMKM loh. Steve Hafner telah menjadi salah satu tokoh utama dalam …
Kamisharing

Belajar Rencana Pemasaran dari Neil Blumenthal

Neil Blumenthal telah membuktikan bahwa mengembangkan rencana pemasaran yang efektif adalah salah satu area pengambilan keputusan terpenting bagi seorang pengusaha. Meskipun memiliki produk atau layanan yang unik, konsumen biasanya memiliki banyak pilihan, sehingga seorang pengusaha harus menempatkan bisnisnya dengan strategi pemasaran yang unik. Sekilas Tentang Warby Parker Besutan Neal Blumenthal …
Kamisharing

Dua Cara Meningkatkan Profit di Tahun Baru

“Mas, udah masuk tahun baru nih. Ada saran untuk meningkatkan profit di tahun baru ini? Nah, saya suka nih dengan pertanyaan nggak pake ba-bi-bu dari rekan tumbuh. Ya iyalah, lihat saja kalimat diatas; nggak ada ba-bi-bu nya!!! Jadi ceritanya memang salah satu rekan tumbuh saya ini sudah lolos fase 1 …
Kamisharing

Alat Ukur untuk UMKM – KPI atau OKR?

“Mas, apa bedanya KPI dengan OKR sih?” mendadak pertanyaan itu mendarat, padahal saya lagi baca soal heboh SGIE. Mana lagi lapar banget, makanya langsung aja saya jawab; “Itu spelling-nya pake gaya capres apa gaya cawapres?!” Dan, akhirnya kita diskusi lebih lanjut perihal alat ukur usaha/bisnis yang satu ini – apa …
Kamisharing

Cerita Pitching

“Mas, kita ketemu calon investor nih. Dampingin buat pitching ya.” Sebuah pesan masuk dari #rekantumbuh nun jauh di sana. Saya senang, setiap kali ada kabar semacam ini. Bagi saya, artinya ada kesempatan yang terbuka. Saya meyakini bahwa kesempatan itu tidak datang dengan sendirinya melainkan diburu oleh rekan-rekan saya. “Oke Mas, …