“Sudah Desember (akhir tahun) saja nih Mas, nggak kerasa setahun 2023 hampir berakhir. Banyak target rasanya belum tercapai atau terlaksana secara maksimal. Wajar nggak sih Mas? Perasaan begini terus tiap tahun?!”
Seorang teman kemudian melanjutkan ceritanya perihal betapa menumpuknya pekerjaan di akhir tahun; penyesuaian anggaran, laporan biaya, laporan performa, gaji dan bonus, siklus penjualan, retensi pelangga, persediaan dan rantai pasokan, serta segala keruwetan lainnya yang dilengkapi dengan kesulitan dalam mempertahankan fokus.
Menjelang akhir tahun memang bisa menjadi waktu yang menegangkan, terutama ketika harus menghadapi permintaan mendadak menjelang Tahun Baru. Agar Anda tidak terjebak dalam situasi yang menuntut, berikut adalah lima strategi yang dapat membantu mengatasi situasi darurat tersebut dengan lebih terorganisir:
5 Strategi Akhir Tahun agar Lebih Terorganisir
1. Antisipasi dan Konfirmasi
Jika Anda memiliki firasat bahwa permintaan mendadak dapat datang, bijaklah untuk mengajukan pertanyaan lebih awal. Antisipasi dapat memberikan gambaran lebih baik dan mempersiapkan diri untuk tanggapan yang lebih efektif.
2. Manfaatkan Cuti Dengan Bijak
Hak cuti adalah hak Anda. Jangan ragu untuk memanfaatkannya dengan bijak, terutama ketika ada kebutuhan mendadak. Jangan ragu untuk berkomitmen sepenuhnya pada waktu istirahat Anda.
Pikirkan juga agar Anda dapat menghadapi permintaan mendadak yang mendobrak area cuti anda, seperti permintaan rapat mendadak di sela cuti? Kunci dari menghadapi hal ini adalah seni untuk mengatakan tidak secara tepat.
3. Klarifikasi Tugas dengan Jelas
Sebelum mengambil langkah-langkah konkret, pastikan Anda memahami dengan jelas apa yang diminta dari Anda. Klarifikasi yang baik dapat mencegah kesalahpahaman yang tidak diinginkan.
Hal ini untuk menghindari adanya permintaan lebih lanjut yang sebetulnya tidak perlu karena ketidakjelasan atas permintaan sebelumnya. Kondisi ini setidaknya menuntut dua keahlian.
Pertama, adalah seni dalam membuat permintaan.
Kedua, kejelasan dalam membuat perintah.
Apalagi jika itu adalah sebuah permintaan mendadak di waktu yang mendesak, maka kejelasan (clarity) adalah kunci.
4. Prioritaskan Kewajiban
Dalam situasi genting, bijaklah dalam menetapkan prioritas. Pilih kewajiban yang paling krusial dan perlakukan dengan urgensi. Fokus pada hal-hal yang paling esensial.
Sebagai sebuah tips, anda bisa membuat list pertanyaan yang mungkin bisa ditanyakan kepada diri sendiri;
Di sepanjang Desember yang padat jadwal ini, jika ada waktu yang sedikit longgar, apa yang akan dilakukan?
Apakah ada rapat atau rencana pertemuan yang bisa dijadwalkan ulang ke Januari tahun depan?
Adakah pekerjaan dalam list Desember kita yang memiliki dampak yang kurang signifikan?
Dari Tulsa untuk UMKM Kita: 5 Pembelajaran Bisnis dari Tulsa King
“Tulsa King” adalah serial drama kriminal yang dibintangi oleh Sylvester Stallone, di mana ia memerankan…
Saatnya Menjadi Pahlawan dengan Strategi Hero Marketing
Sebenarnya, tulisan tentang strategi hero marketing ini sudah dikupas dikit di tulisan sebelumnya, tentang Storytelling…
Pencegahan untuk Tahun Berikutnya
Sambil mengatasi situasi saat ini, berpikirlah tentang langkah-langkah pencegahan agar tidak mengalami kesulitan yang serupa di tahun mendatang. Upaya pencegahan selalu lebih baik daripada pemulihan.
Ada Tips Menghadapi Akhir Tahun Lain?
Dengan menerapkan strategi-strategi ini, diharapkan akhir tahun Anda menjadi lebih terkelola dan tidak membebani. Apakah ada tips lain yang biasa Anda lakukan jelang akhir tahun seperti ini? Ataukah hanya jalani apa adanya seperti biasa saja?